Efektivitas Pemanfaatan CNC Simulator terhadap Penguasaan Kognitif dan Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran CNC Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh.

Ligendra, Rangga (2023) Efektivitas Pemanfaatan CNC Simulator terhadap Penguasaan Kognitif dan Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran CNC Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_RANGGA_LIGENDRA_19067022_4053_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fasilitas yang dimiliki sekolah seperti mesin CNC sangat memadai. Akan tetapi hasil belajar yang diraih peserta didik masih rendah dikarenakan kurangnya minat belajar menggunakan media konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan CNC Simulator akan penguasaan kognitif dan minat belajar siswa. Riset ini memakai metode Quasi Experimental Design melalui desain penelitian pretest- posttest, non equivalent control group design.Ditinjau dari perbedaan antara grup eksperimen dan grup kontrol. Riset diujikan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Subjek dari riset ini yakni (XI TPM 1) menjadi grup eksperimen dan (XI TPM 2) menjadi grup kontrol. Data dikumpulkan melalui tes soal untuk penguasaan kognitif dan tes kuesioner untuk kemampuan minat belajar. Analisis data awal yang digunakan untuk memeriksa normalitas data, homogenitas data. Hasil pengujian t dan pengujian nilai N-Gain, diraih hasil dimana adanya hasil yang naik secara pada hasil belajar dari siswa memakai media CNC Simulator dibanding akan pemakaian media yang konvensional. Riset ini memperlihatkan media CNC Simulator dinilai efektif dipakai untuk menjadi media ajar CNC. Minat belajar siswa dalam mempratikkan media pembelajaran CNC Simulator, yaitu dengan hasil analisis rata-rata dengan persentase 75 % dengan klasifikasi baik dikarenakan minat belajar siswa dalam memakai media pembelajaran CNC Simulator meningkatkan rasa senang, ketertarikan, keterlibatan siswa, perhatian. Jadi bisa disimpulkan menggunakan media pembelajaran CNC Simulator berbasis android di SMK Negeri 2 Payakumbuh menyatakan minat belajar siswa baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
CorrectorYufrizal A, Yufrizal AUNSPECIFIED
CorrectorPrasetya, FebriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SIMULATOR, PENGUASAAN KOGNITIF, MINAT BELAJAR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:47
Last Modified: 01 Nov 2023 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47813

Actions (login required)

View Item View Item