Meningkatkan Keterampilan Melukis Barang Bekas Melalui Metode Demonstrasi Bagi Anak Tunarungu.(Single Subject Research Pada Kelas XII di SLB Bina Bangsa Padang)

Loveni, Intan (2023) Meningkatkan Keterampilan Melukis Barang Bekas Melalui Metode Demonstrasi Bagi Anak Tunarungu.(Single Subject Research Pada Kelas XII di SLB Bina Bangsa Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_INTAN_LOVENI_16003144_1189_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

seorang anak tunarungu berinisial X yang diketahui belum bisa mempraktekkan bagaimana melukis barang bekas secara mandiri. Pemberian metode pembelajaran yang tepat diperlukan agar anak tersebut dapat melaksanakan pembelajaran dengan maksimal. Maka dipilihlah metode demonstrasi sebagai cara untuk meningkatkan keterampilan melukis barang bekas bagi anak tunarungu. Metodologi peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan menerapkan desain penelitian A-B-A dan dianalisis menggunakan teknik analisis visual grafik. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunarungu yang duduk di bangku kelas XII SLB Bina Bangsa Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes tindakan. Hasil penelitian menunjukkan data dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan melukis barang bekas pada anak. Mean level pada kondisi baseline A1 (37) lebih rendah jika dibandingkan dengan kondisi intervensi (60,57) dan baseline A2 (96,25). Hasil data yang diolah menunjukkan bahwa menggunakan metode demonstrasi sebagai intervensi pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan melukis barang bekas pada anak tunarungu kelas XII di SLB Bina Bangsa Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:46
Last Modified: 01 Nov 2023 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47812

Actions (login required)

View Item View Item