Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik padaPembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas V SD Negeri 05 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota

Wicaksono, Anggi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik padaPembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here di Kelas V SD Negeri 05 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANGGI_WICAKSONO_19129190_7229_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 05 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi Everyone Is Teacher Here di kelas V SD Negeri 05 Sarilamak Kabupaten Lima Pluluh Kota. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dilaksanakan II kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan . Di setiap siklus meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dikelas V SD Negeri 05 Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah peserta didik 14 orang yang terdiri dari 9 orang peserta didik laki-laki dan 5 orang peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar penilaian RPP, lembar observasi, lembar soal dan jurnal sikap dan rubrik penilaian keterampilan. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 80,5% dan pada siklus II diperoleh skor 94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh ratarata yaitu 84% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 95% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 92% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78(Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 87 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL EVERYONE IS TEACHER HERE, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:01
Last Modified: 31 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47785

Actions (login required)

View Item View Item