Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model The Power Of Two di Kelas V SD Negeri 17 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Zikri, Ahmad (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model The Power Of Two di Kelas V SD Negeri 17 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AHMAD_ZIKRI_19129086_7185_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, disebabkan karenaproses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center),kerjasama antara peserta didik kurang terlihat dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanmodel The Power Of Twountuk meningkatkan hasil belajarpeserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi tempat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 17Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian RPP menunjukkan peningkatan dari siklus I rata-rata 80,5% (B) meningkat pada siklus II 94% (SB). Pelaksanaan dari aktivitas guru siklus Irata-rata 80% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93% (SB), sedangkan pada pelaksanaan aktivitas peserta didiksiklus I rata-rata82% (Baik) meningkat pada siklus II 93% (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I rata-rata 73,78(D) meningkat pada siklus II88,54 (B). Berdasarkan data hasil tersebut maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan model The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorAndika, RefionaUNSPECIFIED
CorrectorMasnilawati, MasnilawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL THE POWER OF TWO, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIKTERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:03
Last Modified: 31 Oct 2023 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47763

Actions (login required)

View Item View Item