Hubungan Kecerdasan Sukses terhadap Prestasi Belajar Dasar Dasar Kejuruan.

Lail, Hijratul (2023) Hubungan Kecerdasan Sukses terhadap Prestasi Belajar Dasar Dasar Kejuruan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_HIJRATUL_LAIL_18067042_661_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran diukur dari hasil belajar yang dicapai siswa. Hasil ujian siswa pada akhir semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 menunjukkan dominannya siswa yang belum dapat meraih batas KKM, dari hal ini dapat diidentifikasi bahwa perolehan nilai siswa hasil pembelajaran di saat mata pelajaran dasar dasar kejuruan (DDK) untuk kelas X di SMKN 1 Sumatera Barat masih belum sesuai harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan sukses dengan prestasi belajar mata pelajaran dasar dasar kejuruan (DDK) siswa kelas X di SMKN 1 Sumatera Barat. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 108 siswa yang merupakan siswa kelas X TP 1, X TP 2, dan X TMI jurusan teknik mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis metode Simple random sampling mengingat populasi dalam penelitian ini bersifat homogen. Variabel penelitian ini adalah kecerdasan sukses (X) dengan aspek indikatornya kemampuan memecahkan masalah, kemampuan verbal, dan kemampuan praktis serta prestasi belajar (Y) diambil dari hasil ujian MID semester. Instrumen yang digunakan sebagai alat ukur untuk mengumpulkan data adalah penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil dari analisisa koefisien (r) dua variabel penelitian sebesar rhitung0,750 danrtabel 0,279, sehingga 0,750 > 0,279 berarti Ha diterima. Berdasarkan hipotesis bahwa hubungan antara kecerdasan sukses terhadap prestasi belajar pada hasil analisis diperoleh koefisien determinasinya 56,25%, sehingga perolehan kecerdasan sukses dengan prestasi belajar ialah 56,25%, selebihnya disebabkan pada faktor lain. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya kecerdasan sukses kelas X mata pelajaran dasar dasar kejuruan (DDK) SMKN 1 Sumatera Barat berkorelasi positif dan signifikan pada hasil belajarnya. Implikasi penelitian ini ialah siswa yang mempunyai kecerdasan sukses yang tinggi mempunyai peluang lebih besar untuk memenuhi prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN, SUKSES, PRESTASI BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:22
Last Modified: 27 Oct 2023 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47741

Actions (login required)

View Item View Item