Kontribusi Motivasi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Putra, Ade Foury (2023) Kontribusi Motivasi dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_ADE_FOURY_PUTRA_17067035_2657_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah motivasi dan fasilitas belajar. Berdasarkan observasi dan informasi yang didapat pada kenyataanya yang terlihat di SMK Negeri 1 Sumatera Barat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan masih terdapat siswa yang nilainya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi, karena penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada atau tidaknya kontribusi antara Motivasi belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Mesin yang berjumlah 74 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat kontribusi antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, dengan nilai r 0,637 dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 41%. (2) Terdapat kontribusi antara Fasilitas belajar terhadap hasil belajar, dengan nilai r 0,589 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 35%. (3) Terdapat kontribusi antara Motivasi dan Fasilitas belajar secara bersamaan terhadap hasil belajar, dengan nilai r 0,892 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYufrizal A, Yufrizal AUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI, FASILITAS BELAJAR, KEWIRAUSAHAAN
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Oct 2023 07:49
Last Modified: 25 Oct 2023 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47711

Actions (login required)

View Item View Item