Oktaviani, Dina (2023) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Padang”. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
|
Text
B.1_01_DINA_OKTAVIANI_19016015_6254_2023.pdf Download (956kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 192 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 15% menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman dengan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan rata-rata hitung 66,88. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung 80,01. Ketiga, terdapat korelsi yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskipsi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Padang sebesar 71% dengan H0 ditolak, sedangkan H1 diterima karena thitung lebih besar dari ttabel (5,29>1,70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks deskripsi yang artinya hubungan antara kedua variabel sejajar yaitu semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman, maka akan semakin tinggi pula keterampilan menulis teks deskripsi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs Risna Juita | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2023 08:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Oct 2023 08:10 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47614 |
Actions (login required)
View Item |