Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Padang

Putri, Agustia Maharani (2023) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_01_AGUSTIA_MAHARANI_PUTRI_19016002_5683_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang sebelum menggunakan model discovery learning. Kedua, Mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang sesudah menggunakan model discovery learning. Ketiga, Menganalisa pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Penelitian ini menggunakan lima teori utama. Pertama, langkah-langkah penerapan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model discovery learning di kelas. Kedua, media yang perlu disiapkan dalam keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model discovery learning. Ketiga, peranan guru dalam penerapan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model discovery learning di kelas. Keempat, peranan siswa dalam penerapan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model discovery learning di kelas. Kelima, interaksi guru dan siswa dalam penerapan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui model discovery learning di kelas. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan one-group pretestposttest. Sampel yang digunakan dipilih dengan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini berbentuk skor yang dikonversi menjadi nilai berdasarkan dua kali uji keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada sampel. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketiga hasil tersebut sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang sebelum menggunakan model discovery learning diperoleh angka 66,38 dengan klasifikasi “Lebih dari Cukup”. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang sesudah menggunakan model discovery learning memperoleh nilai dengan rata-rata 87,99 dengan klasifikasi “Baik Sekali”. Ketiga, berdasarkan uji nilai t yang telah dilakukan dan menunjukkan hasil sebesar -8.368. taraf ii kepercayaan sebesar 95%, taraf signifikan sebesar 0,05, dan dk=n-1. Dengan demikian, nilai T hitung lebih besar dari nilai T tabel (-8.368<2,032). Dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang menunjukkan pengaruh yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorZulfikarni, ZulfikarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:51
Last Modified: 23 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47610

Actions (login required)

View Item View Item