Ikram, Muhammad Fahrul
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Course Review Horay di Kelas V SD Negeri 18 Campa Guguk Bolek Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pada pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Course Review Horay (CRH) di kelas V SD Negeri 18
Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali
pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi berjumlah
22 orang. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 82% (cukup) dan siklus II 94% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 84% (baik) dan siklus II 95% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 84% (baik), dan siklus II 95% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77 dan siklus II diperoleh rata-rata 86. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |