Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Course Review Horay di Kelas V SD Negeri 18 Campa Guguk Bolek Bukittinggi

Ikram, Muhammad Fahrul (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Course Review Horay di Kelas V SD Negeri 18 Campa Guguk Bolek Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MUHAMMAD_FAHRUL_IKRAM_19129134_5163_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pada pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Course Review Horay (CRH) di kelas V SD Negeri 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 18 Campago Guguk Bulek Kota Bukittinggi berjumlah 22 orang. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 82% (cukup) dan siklus II 94% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 84% (baik) dan siklus II 95% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 84% (baik), dan siklus II 95% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 77 dan siklus II diperoleh rata-rata 86. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:44
Last Modified: 20 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47560

Actions (login required)

View Item View Item