Saputra, M.Afdal
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan
Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SON 04 Garegeh Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik ini disebabkan guru kurang optimal menggunakan model pembeljaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 04 Garegeh Kota Bukittinggi.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu : data kualitatif dan data kuantitatif, sementara sumber data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan penerapan model Dicovery Learning.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 79% (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 83% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata- rata yaitu 83% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 91,6% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78(Cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 88 (Baik). Dengan demikian model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Actions (login required)
|
View Item |