Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Open Ended di kelas IV SD Negeri 05 Tarusan Kamang

Fitri, Laila (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Open Ended di kelas IV SD Negeri 05 Tarusan Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_LAILA_FITRI_19129083_1982_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 05 Tarusan Kamang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Open Ended kelas IV SD Negeri 05 Tarusan Kamang. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatakan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dikelas IV SD Negeri 05 Tarusan Kamang dengan jumlah 12 orang peserta didik. Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I pertemuan I 75%(C), siklus 1 pertemuan II 86% (B) dengan rata -rata 81% (B) dan siklus II 94% (SB).Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I pertemuan 1 78% , siklus 1 pertemuan II 88% dengan rata-rata yaitu 83% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (Sangat Baik). Aspek peserta didik siklus I pertemuan 1 75% , siklus 1 pertemuan II 84% dengan rata-rata yaitu 80% (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 97% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Open Ended dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYunisrul, YuisrulUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:55
Last Modified: 20 Oct 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47536

Actions (login required)

View Item View Item