Jeliana, Jeliana
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan
Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V UPT SDN 08 Pasar Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah, suasana pembelajaran yang kurang aktif, dan peserta didik belum menemukan konsep materi pembelajaran secara mandiri. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V UPT SDN 08 Pasar Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2)
Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah
guru dan peserta didik dengan jumlah 21 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasul belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 86,11 % (B), siklus II meningkat menjadi 94,44% (SB), (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 82,81% (C), siklus II meningkat menjadi
96,88% (SB), (3) Penilaian rata-rata aspek peserta didik siklus I adalah
82,81%, siklus II meningkat menjadi 96,88% (SB), (4) Penilaian rata-rata sikap, pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 71,67 (C) siklus II meningkat menjadi 86,05 (B). Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas V UPT SDN SDN 08 Pasar Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |