Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 24 Limo Koto Kabupaten Sijunjung

Indra, Indra (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 24 Limo Koto Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_INDRA_19129025_2942_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan rendahnya hasil belajar pesrta didik dalam pembelajaran tematik terpadu yang disebabkan oleh guru belum mengembangkan model pembelajaran dan pemahaman peserta didik yang belum maksimal terhadap materi pembelajaran yang diberikan sehingga peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SDN 24 Limo Koto Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I (dua pertemuan) dan siklus II (satu pertemuan) dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 24 Limo Koto Kabupaten Sijunjung dengan jumlah 21 orang peserta didik, 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian pada RPP di siklus I memperoleh nilai rata-rata 83 %, kualifikasi baik (B), kemudian terdapat peningkatan pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 91,6%, kualifikasi sangan baik (SB). Penilaian aktivitas guru siklus I dengan nilai rata-rata 71,5%, kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 90%, kualifikasi baik (B). Penilaian aktivitas peserta didik di siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,8%, kualifikasi kurang (D), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,6%, kualifikasi baik (B). Hasil belajar tematik terpadu pada penelitian ini untuk siklus I diperoleh nilai rata-rata 67%, kualifikasi kurang (D), dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,4 % dengan kualifikasi baik (B). dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajarab tematik terpadu di kelas V SDN 24 Limo Koto Kabupaten Sijinjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:53
Last Modified: 20 Oct 2023 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47529

Actions (login required)

View Item View Item