Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Time Token di Kelas IV SON 12 Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar

Rahmi, Fadilatur (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Time Token di Kelas IV SON 12 Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FADILATUR_RAHMI_18129174_3317_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang masih belum optimal dan cenderung bersifat teacher center (berpusat pada guru), sehingga berdampak kepada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan mode Time Token di kelas IV SDN 12 Pagaruyung Kabupaten Tarrah Datar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 12 Pagaruyung dengan subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV. Peneitian ini dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I terdiri dari II pertemuan dan siklus I terdiri dari I pertemuan. Meliputi empat tahapan, yaitu a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refeksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalah tes dan non tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penngkatan pada : 1) RPP sikus I diperoleh rata-rata 85,66% (baik) dan siklus II diperoleh rata-rata 94,44% (sangat baik). 2) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 87,49% (baik) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 94,75% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 82,81% (cukup) dan siklus II diperoleh rata-rata 93,75% (sangat baik). 3) Hasil Belajar peserta didik pada sklus I diperoleh rata-rata 76,24 (cukup) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 87,5 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Time Token dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:41
Last Modified: 20 Oct 2023 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47516

Actions (login required)

View Item View Item