Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Permainan Edukasi Engklek di Kelas VI SD Negeri 06 Kampung Pamsur Kabupaten Pesisir Selatan

Nanda, Deko Fitri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Permainan Edukasi Engklek di Kelas VI SD Negeri 06 Kampung Pamsur Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_DEKO_FITRI_NANDA_19129012_2943_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik yang rendah dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas VI sekolah dasar. Dimana hasil belajar yang diharapkan belum tercapai dengan persentase ketuntasan kelas ideal yaitu 75%. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek dan mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN 06 Kampung Pansur. Sumber data adalah proses kegiatan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 94,3% (SB), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 97,7% dengan (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata- rata 80% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persen tase 95% (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata rata-rata 80% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,4 (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,3 (B). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN 06 Kampung Pansur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:45
Last Modified: 19 Oct 2023 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47513

Actions (login required)

View Item View Item