Fitri, Chintya Juwita
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V SDN 07 Pangian Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, yang berdampak pada hasil belajar peserta didik.Aspek peserta didik permasalahan yang ditemukan adalah peserta didik kekurangan waktu saat memikirkan jawaban atas pertanyaan yang diberikan guru, serta sebagian peserta didik masih ragu untuk menyampaikan pendapatnya. Sedangkan pada aspek guru, permasalahan yang ditemukan adalah dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara berdiskusi, serta guru terlihat belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran cenderung monoton, dan belum dapat meningkatkan daya berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V SDN 07 Pangian Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 07 Pangian Kabupaten Tarrah Datar.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 07 Pangian Kabupaten Tarrah Datar dengan jumlah 16 orang peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata rata 83,75% (B) dan siklus II 92,5% (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan ratarata 82,5% (B) dan siklus II 95 % (A), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan ratarata 82,5% (B), dan siklus II 95 % (A), c) Penilaian terhadap peserta didikdalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan ratarata 77,47 (C)dan siklus II dengan ratarata 93,36 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |