Tagazi, Arbi
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 6 Energi dan Perubahannya di Kelas III Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang ditemukan di beberapa sekolah dasar bahwa belum adanya pengembangan bahan ajar oleh guru sehingga peserta didik kurang tertarik pada proses pembelajaran yang berlangsung. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk booklet pada pembelajaran tematik terpadu tema 6 energi dan perubahannya di kelas III SD yang valid dan praktis.
Penelitian ini adalah penelitian Researsch & Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas III SD Negeri 01 Pauh, Kota Padang. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket respon guru dan angket respon peserta didik.
Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil uji validasi bahan ajar secara
keseluruhan oleh tiga validator, yaitu aspek materi, bahasa dan media memperoleh nilai rata-rata persentase 96, 15% dengan kategori sangat valid, dan (2) hasil uji praktikalitas bahan ajar oleh guru diperoleh nilai 92,5% dan peserta didik diperoleh nilai 92% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk booklet valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran tematik terpadu tema 6 energi dan perubahannya di kelas III SD.
Actions (login required)
|
View Item |