Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V B SON 09 Bandar Buat Kota Padang.

Suryaningsih, Ade (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V B SON 09 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ADE_SURYANINGSIH_19129084_3422_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang disebabkan oleh beberapa aspek. Pada aspek guru, guru kesulitan dalam mengaitkan muatan dalam satu pembelajaran sedangkan pada aspek peserta didik, peserta didik cenderung individual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Group Investigation pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas V B SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti, guru kelas, dan 24 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan RPP Siklus I memperoleh persentase sebesar 82,9% (C) dan meningkat pada Siklus II dengan persentase sebesar 95,4% (A). Penilaian pelaksanaan pembelajaran Siklus I memperoleh persentase sebesar 87,45% (B) dan meningkat pada Siklus II sebesar 93,7% (A). Hasil belajar peserta didik aspek pengetahuan Siklus I adalah 75,7 (C) meningkat menjadi 93,9 (A) pada Siklus II. Kemudian, hasil belajar aspek keterampilan Siklus I adalah 81,3 (C) meningkat menjadi 94,7 (A) pada Siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas VB SDN 09 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorWaldi, AtriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:42
Last Modified: 19 Oct 2023 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47505

Actions (login required)

View Item View Item