Pengembangan E-Modul Berbasis Gaya Belajar pada Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII SMP/MTs

Fauzan, Rahmat (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Gaya Belajar pada Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RAHMAT_FAUZAN_18004212_1576_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan Pengembangan E-Modul Berbasis Gaya Belajar Pada Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII SMP/MTs dilakukan sebagai upaya dalam mengatasi masalah belajar siswa yaitu, kurang variasi bahan ajar yang mendukung pembelajaran mandiri, kurangnya penggunaan media elektronik serta belum tersedianya bahan ajar yang mengakomodasi gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan e-modul berbasis gaya belajar pada materi pada materi interaksi sosial dan lembaga sosial pada Mata Pelajaran IPS kelas VII yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 tahapan pengembangan. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri atas satu orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Ujicoba produk dilakukan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Sijunjung dengan jumlah 27 siswa untuk menguji kepraktisan produk E-Modul yang telah dirancang. Instrument yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penilaian validator materi dan validator media, diperoleh hasil validasi materi rata-rata 4,9 dari skala 5,0 dengan persentase 98% dikategorikan sangat valid, hasil validasi dari ahli media 1 diperoleh rata-rata sebesar 4,2 dari skala 5,0 dengan persentasi 84% dikategorikan sangat valid dan hasil validitas dari ahli media 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,8 dengan persentasi 95% dari skala 5,0 dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata 4,7 dari skala 5,0 dengan persentase 94% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa E- Modul Berbasis Gaya Belajar Pada Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial Kelas VII SMP/MTs yang dikembangkan valid dan praktis sehingga layak digunakan pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:24
Last Modified: 17 Oct 2023 03:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47385

Actions (login required)

View Item View Item