Meisya, Lydia
(2023)
Pengembangan Media Video Tutorial pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan masalah yang terdapat di SMP N egeri 6 Sawahlunto pada mata pelajaran Bimbingan TIK di kelas VIII, ditemukan masalah bahwa guru menggunakan media pembelajaran kurang menarik sehingga rendahnya hasil belajar peserta didik, belum adanya media video tutorial yang digunakan siswa sebagai alternatif untuk belajar di rumah maupun disekolah, video pembelajaran yang diberikan guru dari Y ouTube kurang sesuai dengan materi pembelajaran, dan alokasi waktu dalam pembelajaran bimbingan TIK yang sangat singkat. Berdasarkan permasalahan di atas dapat menye babkan siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dan kurang semangat dalam belajar sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran bimbingan TIK kelas VIII SMP N egeri 6 Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan pada penelitian terdiri dari Analysis (Analisis ), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Validitas produk dilakukan oleh 3 orang yakni 2 orang validator media dan 1 orang validator materi, sedangkan jumlah subjek penelitian adalah 25 orang siswa kelas VIII di SMP N egeri 6 Sawahlunto. Alat pengumpulan data berupa angket dan format penilaian.
Hasil uji validitas produk aspek materi memperoleh rata-rata 4,66 dengan kategori "Sangat Valid". Uji validasi media dari validator I memperoleh rata-rata 4,50 dengan kategori "Valid" dan validator II memperoleh rata-rata 4,93 dengan kategori "Sangat Valid".uji praktikalitas dengan memperoleh rata-rata 4,59 dengan kategori "Sangat Praktis". Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media video tutorial di pelajaran bimbingan TIK kelas VIII SMP menunjukkan bahwa pengembangan ini melalui lima langkah model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan ini layak, sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran bimbingan TIK kelasVIII SMP.
Actions (login required)
|
View Item |