Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang

Erza, Dilla Okta (2023) Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_DILLA_OKTA_ERZA_18004011_1846_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis pada Perpustakaan SMA N egeri 8 Padang yang menunjukkan kurang terlaksananya pengelolaan yang dilakukan oleh petugas perpustakaan terhadap pengelolaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang yaitu ditinjau dari aspek sarana dan prasarana perpustakaan, pengaturan, dan pemeliharaan koleksi perpustakaan, dan layanan sirkulasi dan layanan pengguna perpustakaan. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang dalam hal 1) Sarana dan Prasarana Perpustakaan? 2) Pengaturan dan pemeliharaan koleksi Perpustakaan? 3) Layanan Sirkulasi dan Layanan Pengguna Perpustakaan?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 8 Padang. Sebanyak 148 siswa dijadikan sampel dari jumlah siswa 985 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket berjumlah 30 butir angket. Data penelitian ini adalah data primer dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data, dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pustakawan. Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan persentase. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang dapat dikatakan sangat baik dengan persentase 88,43%. Persepsi siswa terhadap aspek sarana dan prasarana perpustakaan berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 87, 79%. Persepsi siswa terhadap aspek koleksi perpustakaan berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 87,24%. Persepsi siswa terhadap aspek layanan perpustakaan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 90,27%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorAnugrah, SeptriyanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:39
Last Modified: 16 Oct 2023 05:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47365

Actions (login required)

View Item View Item