Erza, Dilla Okta
(2023)
Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Perpustakaan
di SMA Negeri 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis pada Perpustakaan SMA N egeri 8 Padang yang menunjukkan kurang terlaksananya pengelolaan yang dilakukan oleh petugas perpustakaan terhadap pengelolaan perpustakaan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang yaitu ditinjau dari aspek sarana dan prasarana perpustakaan, pengaturan, dan pemeliharaan koleksi perpustakaan, dan layanan sirkulasi dan layanan pengguna perpustakaan. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang dalam hal 1) Sarana dan Prasarana Perpustakaan? 2) Pengaturan dan pemeliharaan koleksi Perpustakaan? 3) Layanan Sirkulasi dan Layanan Pengguna Perpustakaan?.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 8 Padang. Sebanyak 148 siswa dijadikan sampel dari jumlah siswa 985 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket berjumlah 30 butir angket. Data penelitian ini adalah data primer dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data, dan data sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pustakawan. Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan persentase.
Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan persepsi siswa terhadap pengelolaan perpustakaan di SMA Negeri 8 Padang dapat dikatakan sangat baik dengan persentase 88,43%. Persepsi siswa terhadap aspek sarana dan prasarana perpustakaan berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 87, 79%. Persepsi siswa terhadap aspek koleksi perpustakaan berada pada kategori sangat baik dengan skor rata-rata 87,24%. Persepsi siswa terhadap aspek layanan perpustakaan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 90,27%.
Actions (login required)
|
View Item |