Efektivitas Kemampuan Pembelajaran Bangun Datar Melalui Media Tangram untuk Siswa Tunadaksa Kelas IX di SLBN 1 Linggo Sari Baganti

Putri, Septi Zekira Adsi (2023) Efektivitas Kemampuan Pembelajaran Bangun Datar Melalui Media Tangram untuk Siswa Tunadaksa Kelas IX di SLBN 1 Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SEPTI_ZEKIRA_ADSI_PUTRI_19003032_2823_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLBN 1 Linggo Sari Baganti, seorang anak tunadaksa kelas IX belum mampu mengenal 5 bangun datar. Berdasarkan hal tersebut anak perlu diberikan media untuk mendukung pembelajaran siswa. Media tangram adalah media yang memiliki 7 kepingan bangun datar dan berbentuk benda konkrit dengan beragam warna, sehingga anak merasa tertarik dan mudah dalam memahami pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah media tangram efektif dalam meningkatkan pelajaran bangun datar untuk siswa tunadaksa kelas IX. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Eksperimen SSR adalah analisis data bertumpu pada subjek secara individual. Dengan desain A-B-A atau reversal design dengan tiga tahap yaitu kondisi baseline pertama (Al), intervensi (B), dan baseline kedua (A2). Kondisi baseline (Al) dilaksanakan pengamatan sebanyak 4 kali, kondisi intervensi (B) dilaksanakan sebanyak 8 kali, dan kondisi baseline (A2) dilaksanakan sebanyak 4 kali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik. Dari pengamatan yang dilakukan, kondisi baseline Al diperoleh hasil 0%, 0%, 0%, 0%. Pada kondisi intervensi B didapatkan hasil 25%, 30%, 45%, 55%,65%, 70%, 70%, 70%. Sedangkan kondisi baseline A2 diperoleh hasil 75%, 85%, 85%, 85%. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar meningkat setelah menggunakan media tangram pada anak tunadaksa. Media tangram efektif digunakan dalam pembelajaran bangun datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:55
Last Modified: 13 Oct 2023 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47306

Actions (login required)

View Item View Item