Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas Manik­ Manik Melalui Metode Drill bagi Anak Tunagrahita Ringan SLB Negeri 1 Padang

Putri, Meylani Mayang (2023) Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas Manik­ Manik Melalui Metode Drill bagi Anak Tunagrahita Ringan SLB Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MEYLANI_MAYANG_PUTRI_19003018_4578_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Negeri 1 Padang kelas keterampilan. Terdapat dua orang anak mengalami masalah dalam pembelajaran keterampilan membuat tas manik­manik. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, dan mencatat langkah­langkah membuat tas manik­manik di papa tulis dalam pembelajaran keterampilan membuat tas manik­ manik dengan penugasan secara individual. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak membuat tas manik­manik melalui metode drill. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran membuat tas manik­manik melalui metode drill pada anak tunagrahita kelas Keterampilan. 2) kemampuan membuat tas manik­manik untuk anak tunagrahita kelas keterampilan meningkat melalui metode drill. Hal ini dapat dilihat dari data sebelum tindakan kemampuan anak dalam 20 indikator membuat tas manik­manik yakni F adalah 32,5% dan S 40,00%. Sedangkan pada akhir siklus I kemampuan F meningkat (57,5%) dan S meningkat (62,5%). Pada siklus II kemampuan F meningkat menjadi (80,00%) dan S meningkat (87,5%). Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan membuat tas manik­manik dapat meningkatkan melalui metode drill.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUtami, Iga SetiaUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:32
Last Modified: 12 Oct 2023 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47287

Actions (login required)

View Item View Item