Meningkatkan Keterampilan Membuat Dendeng Daun Singkong Menggunakan Media Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Singel Subject Research di Kelas X SLB YPPLB Padang)

Marchella, Cut (2023) Meningkatkan Keterampilan Membuat Dendeng Daun Singkong Menggunakan Media Video Tutorial Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Singel Subject Research di Kelas X SLB YPPLB Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_CUT_MARCHELLA_19003130_4112_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dengan permasalahan yang penulis temukan di SLB YPPLB Padang, penulis menemukan seorang anak tunagrahita ringan kelas X yang memiliki permasalahan pada keterampilan tata boga yakni anak belum bisa melalukan keterampilan membuat dendeng daun singkong secara mandiri. Oleh karena itu, penulis ingin membantu anak dalam meningkatkan keterampilan membuat dendeng daun singkong menggunakan media video tutorial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan single subject research dengan desain reserval A-B-A. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas media video tutorial dalam meningkatkan keterampilan membuat dendeng daun singkong pada anak tunagrahita ringan di SLB YPPLB Padang. Subjek penelitian pada penelitian ini ialah seorang siswi SLB YPPLB Padang dengan kategori anak tunagrahita ringan dan berjenis kelamin perempuan berusia 20 tahun kelas X/C. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis visual grafik. Pengukuran dilakukan menggunakan persentase dari jumlah butir instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan membuat dendeng daun singkong. Pada kondisi baseline (Al) yang dilaksanakan selama 3 kali pertemuan menunjukkan persentase rata-rata anak sebanyak 36%, 36%, 36%. Kemudian pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan selama 5 kali pertemuan menunjukkan persentase rata-rata anak sebanyak 63%, 81 %, 86%, 86%, 86% dan pada kondisi baseline (A2) yang dilaksanakan selama 3 hari menunjukkan persentase rata-rata anak sebanyak 90%, 90%, 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media video tutorial mampu dalam meningkatkan keterampilan membuat dendeng daun singkong pada anak tunagrahita rmgan kelas X di SLB YPPLB Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUtami, Iga SetiaUNSPECIFIED
CorrectorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:43
Last Modified: 12 Oct 2023 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47267

Actions (login required)

View Item View Item