Meningkatkan Keterampilan Membuat Manisan Pepaya Melalui Metode Proyek Bagi Anak Tunarungu ( Classroom Action Research Kelas VIIdi SLB Negeri 2 Pariaman)

Sumekar, Agung (2023) Meningkatkan Keterampilan Membuat Manisan Pepaya Melalui Metode Proyek Bagi Anak Tunarungu ( Classroom Action Research Kelas VIIdi SLB Negeri 2 Pariaman). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AGUNG_SUMEKAR_18003001_1426_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Pariaman pada dua siswa tunarungu kelas VII mengalami kendala dalam keterampilan membuat manisan pepaya.Dalam proses membuat manisan pepaya, guru menggunakan metode demonstrasi dan ceramah sehingga sulit untuk dimengerti anak. Peneliti tertarik untuk membantu mengatasi permasalahan dengan membuat manisan pepaya melalui metode proyek yaitu suatu rencana pelaksanaan proses pembuatan manisan pepaya dibuat oleh peneliti sehingga membuat anak lebih aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran membuat manisan pepaya pada anak tunarungu kelas VII menggunakan metode proyek. 2) hasilpembelajaran membuat manisan pepaya anak tunarungu kelas VII dalam membuat Manisan pepaya meningkat melalui metode proyek. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui metode proyekdapat meningkatkan keterampilan membuat Manisan pepaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
CorrectorUtami, Iga SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:43
Last Modified: 12 Oct 2023 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47264

Actions (login required)

View Item View Item