Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V UPTD SDN 18 Padang Kunik Kabupaten Agam

Ainil, Ainil (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V UPTD SDN 18 Padang Kunik Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Ainil _17129117_329_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran guru tidak menggunakan RPP sebagai patokan, pembelajaran masih berpusat pada guru atau teacher center sehingga peserta didik belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang berani dan masih malu-malu dalam menjawab pertanyaan dari guru karena sarana untuk mengajukan pendapat sangat sedikit diberikan oleh guru, Sedikitnya inovasi pengembangan model yang akan digunakan guru dalam pembelajaran yang membuat peserta didik tidak aktif dan kurang kerjasama dalam proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V UPTD SDN 18 Padang Kunik Kabupaten Agam yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V UPTD SDN 18 Padang Kunik Kabupaten Agam dengan jumlah 16 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 79,66 % (B) dan siklus II 90,62 % (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 79,63 % (B) dan siklus II 90,63 % (A), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 82,75 % (B), dan siklus II 93,75 % (A), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 72,66 (B)dan siklus II dengan rata-rata 83,27 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:42
Last Modified: 11 Oct 2023 04:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47248

Actions (login required)

View Item View Item