Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Melalui Multi Metode Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII C SLBN Sungai Penuh)

Martatila, Martatila (2022) Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Melalui Multi Metode Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII C SLBN Sungai Penuh). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_Martatila_21003295__2771_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLBN Sungai Penuh. Peneliti menemukan dua orang siswa tunagrahita ringan yang belum mampu menyetrika pakaian dengan benar di dalam pembelajaran yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan permasalahan maka untuk meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Melalui Multi Metode Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII C SLBN Sungai Penuh). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus sebanyak enam kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan rekfleksi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2, 4, 9, 11, 16 dan 18 Juni 2022, setiap pertemuan berdurasi 1 x 30 menit. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru tata kelas yang bertindak sebagai pengamat, dan peneliti sebagai pemberi tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan siswa pada kondisi awal adalah Af 50 dan Ma 41, 67. Setelah dilakukan tindakan, nilai kemampuan siswa terus mengalami peningkatan, Ma memperoleh nilai 90 dan Af 92,5 dengan hasil setrikaan yang sudah licin dan rapi. Hal tersebut menunjukkan bahwa Multi Metode dapat meningkatkan Keterampilan Menyetrika pakaian bagi siswa Tunagrahita Ringan kelas VIII/C SLBN Sungai Penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDamri, DamriUNSPECIFIED
CorrectorFatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:12
Last Modified: 10 Oct 2023 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47198

Actions (login required)

View Item View Item