Hubungan Kompetensi Literasi Digital dengan Hasil Belajar Geografi dikelas X IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh

Reffakhri, Dirga (2023) Hubungan Kompetensi Literasi Digital dengan Hasil Belajar Geografi dikelas X IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DIRGA_REFFAKHRI_18045097_1681_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui seberapa besar kompetensi literasi siswa kelas X IPS SMA N 1 Payakumbuh. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pencapaian hasil belajar siswa X IPS SMA N 1 Payakumbuh.(3) Untuk mengetahui hubungan antara kompetensi literasi digital dengan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA N 1 Payakumbuh Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan korelasional, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1, X IPS 2 dan X IPS 3 di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu offline dengan menggunakan angket kertas, dibagikan lansung kepada siswa, Teknik sampling menggunakan total sampling, dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 94 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa diketahui bahwa (1) kompetensi literasi digital di kelas X IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2021/2022 dalam kategori cukup kuat, Dari 94 peserta didik yang menjadi responden, Frekuensi tertingi terdapat pada interval skor 61 – 64 dengan jumlah responden 34 atau sebesar 35 %. , yang artinya penerapan kompetesin literasi digital ini dirasa cukup kuat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. (2) Hasil belajar peserta didik di kelas X IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2021/2022 terbanyak dari kriteria dalam kategori cukup kuat yakni 36 %. Yang artinya sebanyak 36 % dari total seluruh responden dalam penelitian ini tergolong memiliki hasil belajar yang cukup kuat atau dapat diartikan hasil belajar peserta didik cukup kuat dalam mencukupi kriteria kelulusan minimal. (3) Kompetensi literasi digital mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar, yang artinya kompetensi literasi digital akan dapat menaikan hasil belajar peserta didik , jika tidak ada kompetensi literasi digital maka hasil belajar tidak akan mengalami peningkatan dengan asumsi variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi dianggap tetap, ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi literas digital dengan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana diperoleh a = 45.039 dan b = 0,286, jadi Y = 45.039 + 0,286 X. maka dapat disimpulkan bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y. Jika nilai Sig. lebih kecil dari α = 0,05 maka dapat dikatakan signifikan. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Sig. = 0,009 < 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan. pengaruh kompetensi literasi digital terhadap hasil belajar adalah sebesar 43,1%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorChandra, DededUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Oct 2023 08:13
Last Modified: 06 Oct 2023 08:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47149

Actions (login required)

View Item View Item