Persepsi Guru Kelas Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus

Andriani, Septiana (2022) Persepsi Guru Kelas Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Septiana_Andriani_17003103_640_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi atau pandangan guru kelas terhadap anak berkebutuhan khusus. Persepsi seorang guru akan menentukan bagaimana guru bersikap kepada peserta didik yang tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru kelas sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif terhadap anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Kampar. Aspek persepsi yang dideskripsikan yaitu berupa pengetahuan guru terhadap anak berkebutuhan khusus dan sikap guru terhadap anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket kepada guru sebagai responden. Penentuan sampel menggunakan teknik totally sampling. Analisis data dengan menggunakan teknik perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian kecil guru (7,24%) memiliki pemahaman yang sangat baik terhadap anak berkebutuhan khusus dan sebagian besar guru (56,72%) memiliki pemahaman yang baik terhadap anak berkebutuhan khusus, pemahaman yang dimiliki terkait klasifikasi anak berkebutuhan khusus, karakteristik anak berkebutuhan khusus, dan mengetahui kemampuan serta kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini juga menunjukkan sebagain guru (15,95%) memiliki sikap yang sangat baik terhadap anak berkebutuhan khusus dan sebagian besar guru (77,14%) memiliki sikap yang baik terhadap anak berkebutuhan khusus, sikap yang dimaksud ialah berupa: kepedulian yang tulus dan kebaikan guru, kesediaan untuk berbagi tanggung jawab yang terlibat dalam kelas, kepekaan yang tulus terhadap keragaman peserta didik, motivasi untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi semua peserta didik, dan antusias untuk merangsang kreativitas peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru kelas di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif di Kabupaten Kampar telah memiliki persepsi yang baik terhadap anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:06
Last Modified: 05 Oct 2023 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47092

Actions (login required)

View Item View Item