Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan asli 1 sampai 10 Melalui Media Balok Cuisenaire pada Anak Tunagrahita Ringan

Husna, Rafiqah (2022) Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan asli 1 sampai 10 Melalui Media Balok Cuisenaire pada Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Rafiqah_Husna_16003108_1808_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Meningkatkan Kemampuan pengurangan bilangan asli 1 sampai 10 melalui media balok cuisenaire bagi anak Tunagrahita ringan. Subjek dalam penelitian ini adalaah seorang anak tunagrahita ringan kelas III SD berjenis kelamin perempuan yang berusia 10 tahun. Bersekolah di SLB N 1 Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain A-B-A, pada desain A-B-A terdapat tiga kondisi yaitu baseline (A1), intervensi (B), dan baseline (A2). Teknik pengumpulan data dalam bentuk pemberian test. Data penelitian diukur menggunakan frekuensi untuk mengetahui jumlah soal yang dijawab dengan benar pada kondisi baseline pertama, intervensi dan baseline kedua. Pada tahap akhir akan di berikan evaluasi yang berfungsi untuk mengukur seberapa besar pengaruh intervensi yang diberikan terhadap anak. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis visual grafik. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa kemampuan pengurangan bilangan asli 1 sampai 10 meningkat setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media balok cuisenaire. Peningkatannya sebesar 36%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa media balok cuisenaire dapat meningkatkan kemampuan pengurangan bilangan asli pada anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:55
Last Modified: 04 Oct 2023 08:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47090

Actions (login required)

View Item View Item