Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa New Normal di Taman Kanak-kanak Kristen Kalam Kudus Padang

Febrina, Rahayu (2022) Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa New Normal di Taman Kanak-kanak Kristen Kalam Kudus Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_Rahayu_Febrina_17022163_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Akhir tahun 2019, dunia di gemparkan dengan virus yang mematikan yaitu COVID-19, yang mengharuskan untuk berjaga jarak dan kegiatan publik beralih di rumah. Anak usia dini yang menjadi salah satu korban, mereka diliburkan, dan diganti belajar dari rumah (BDR), atau online. Penggunaan teknologi computer saat belajar dari rumah (BDR) atau online membantu anak menerima pembelajaran dari guru, dan tetap di awasi oleh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam pemanfaatan teknologi komputer dalam proses pembelajaran anak usia dini pada masa new normal di Taman Kanak-kanak Kristen Kalam Kudus Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana hasil penelitian tidak berbentuk angka melainkan berbentuk kalimat. Observasi dan wawancara, serta dokumentasi dipakai guna proses pengumpulan data pada penelitian ini. Dan juga teknik analisis dan interprestasi data dilaksanakan dengan langkah seperti, mengumpulkan data, pemaparan data, serta memberikan kesimpulan terhadap hasil yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa New Normal di Taman Kanak-kanak Kristen Kalam Kudus Padang Tahun ajaran 2021/2022 sudah terlaksana dengan baik. Pada perencanaan yang dilakukan guru dalam mengembangkan atau merancang bagian materi pembelajarannya (RPPM dan RPPH) dan menyesuaikan dengan indikator yang telah ada sesuai kondisi saat sekarang ini, dengan menggunakan media yaitu laptop serta perangkatnya, dan wakom untuk membantu guru menulis agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaan guru memilih aplikasi yang bisa digunakan, yaitu Google Meet dan bentuk tugas yang diberikan berupa Worksheet yang dibuat oleh guru sesuai kegiatan anak dalam minggu itu. Pada evaluasi yang dilakukan guru, yaitu melihat dan meninjau sejauh mana pencapaian perkembangan yang telah dilalui anak, dan melihat hasil belajar anak melalui aplikasi Google Meet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorIsmet, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorDewi, SariUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:19
Last Modified: 02 Oct 2023 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47016

Actions (login required)

View Item View Item