Persepsi Siswa tentang Kendala dan Upaya Meningkatkan Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Kota Padang

Handayani, Ilvani (2023) Persepsi Siswa tentang Kendala dan Upaya Meningkatkan Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 4 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ILVANI_HANDAYANI_17045092_2929_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengolah, serta menganalisis data terkait persepsi siswa tentang kendala dan upaya meningkatkan peran orang tua pada pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi di SMAN 4 Kota Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deksriptif kualitatif deksipritif. Informan dalam penelitian ini, Peneliti mengambil informan yaitu Siswa kelas XI IPS di SMAN 4 Kota Padang. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kendala dalam meningkatkan peran orang tua dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi yaitu (a) pendidikan orang tua, dimana orang tua siswa memiliki pendidikan SMA kebawah atau memiliki jenjang pendidikan yang rendah; (b) tingkat ekonomi orang tua siswa berada pada menengah kebawah sehingga terkendala dalam menyediakan fasilitas belajar, (c) jenis pekerjaan orang tua yaitu pedagang, buruh harian, polisi, guru, ibu rumah tangga dan perawat sehingga menyebabkan orang tua jarang mendampingi siswa belajar selama daring, (d) orang tua terkendala membagi waktu untuk mendampingi anak belajar, dan (e) jumlah anggota keluarga yang besar menyebabkan siswa terganggu dalam belajar daring. (2) Upaya meningkatkan peran orang tua dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi yaitu (a) waktu, orang tua berupaya meluangkan waktunya untuk mendampingi anak belajar dirumah; (b) fasilitas, orang tua menyediakan fasilitas yang dibutuhkan anak saat belajar daring walaupun sampai meminjam kepada saudara; (c) orang tua melakukan komunikasi dengan anak setelah bekerja untuk menanyakan pekembangan belajar anak; (d) arahan, orang tua memberikan pengarahan kepada anak selama pembelajaran daring; (e) orang tua melakukan pengawasan terhadap aktivitas belajar daring dengan melihat perkmebnagan nilai anak dan (f) memotivasi anak dengan memberikan dorongan, dukungan dan semangat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:46
Last Modified: 12 Oct 2023 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46914

Actions (login required)

View Item View Item