Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Buku Ajar Fisika Kelas XI Semester 1 Se-Kota Sungai Penuh

Alemda, Rivozha (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Buku Ajar Fisika Kelas XI Semester 1 Se-Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Rivozha_Alemda_18033017_2868_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada berbagai keterampilan yang harus dimiliki masing-masing siswa. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki adalah keterampilan berpikir kritis (criticalthinking). Keterampilan tersebut bisa diperoleh melalui proses pembelajaran dikelas dengan menggunakan bahan ajar yang tepat, salah satunya buku ajar. Dengan menerapkan keterampilan berpikir kritis pada buku ajar dapat membantu siswa dalam melatih keterampilan berpikir kritis. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa buku ajar yang digunakan di SMANegeri se-kota Sungai Penuh belum diketahui, apakah sudah memfasilitasi keterampilan berpikir kritis atau belum. Buku ajar tersebut sebaiknya diperhatikan oleh guru sehingga buku ajar yang berorientasi keterampilan berpikir kritis dapat membantu siswa memenuhi salah satu tuntutan kurikulum dimana siswa harus mampu berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis sejauh mana buku ajar memupuk keterampilan berpikir kritis pada buku ajar fisika kelas XI semester 1 se-kota Sungai Penuh pada sajian isi buku ajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh buku ajar fisika SMA kelas XI semester 1 yang di digunakan guru di kota Sungai Penuh. Sampel penelitian ini adalah buku ajar fisika SMA Kelas XI Semester 1 digunakan oleh guru fisika SMA Negeri di kota Sungai Penuh. Data penelitian ini diambil menggunakan instrument analisis sajian buku ajar dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan wawancara. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah Content Analysis atau kajian isi. Presentase rata-rata yang diperoleh dari keterpakaian keterampilan berpikir kritis adalah sebesar 12,46% dengan kategori tidak memfasilitasi. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa keterpakaian keterampilan berpikir kritis pada buku ajar fisika kelas XI Semester 1 di kota Sungai Penuh masih rendah, dengan kategori tidak memfasilitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:03
Last Modified: 22 Sep 2023 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46859

Actions (login required)

View Item View Item