Pengaruh Literasi Digital dan Internet Addiction terhadap Online Learning, dan Dampak Selanjutnya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika.

Ronaldo, Ronaldo (2023) Pengaruh Literasi Digital dan Internet Addiction terhadap Online Learning, dan Dampak Selanjutnya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_RONALDO_18076027_208_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui: (1)pengaruhliterasi digital terhadaponline learning, (2) pengaruhinternet addiction terhadaponline learning, (3) pengaruhliterasi digital terhadapmotivasibelajar, (4) pengaruhinternet addiction terhadapmotivasibelajar, (5) pengaruhonline learning terhadapmotivasibelajar, (6) pengaruhtidaklangsungliterasi digital terhadapmotivasibelajarmelaluimediasionlinelearning, dan(7) pengaruhtidaklangsunginternet addiction terhadapmotivasibelajarmelaluimediasionlinelearning. PenelitianinitermasukpenelitiankuantitatifdenganConfirmatory Factor Analysis (CFA) yang dilakukanpadamahasiswadepartementeknikelektronikadenganStructural Equation Model (SEM).TeknikpengambilansampeldilakukandenganProportionate Stratified Random Samplingsebanyak 229 mahasiswa yang tersebarpadamahasiswatahunangkatan 2020 dan 2021 padaprodipendidikanTeknikElektronika, PendidikanTeknikInformatika, Informatika, danTeknikElektronika.Data diperolehmelaluikuesionermelaluiskalaLikert yang telah di ujivaliditasdanreliabilitasnya.Hasilanalisis data menunjukkanbahwa: (1) literasi digital berpengaruhsignifikanterhadaponlinelearningdengankoefisienjalurβ= 0,663 P=0,000, (2) internet addiction berpengaruhsignifikanterhadaponline learning dengankoefisienjalur β= 0,266 P=0,000, (3) literasi digital berpengaruhsignifikanterhadapmotivasibelajardengankoefisienjalur β= 0,349 P=0,000, (4) internet addiction berpengaruhsignifikanterhadapmotivasibelajardengankoefisienjalur β= 0,496 P=0,000, (5) online learning berpengaruhsignifikanterhadapmotivasibelajardengankoefisienjalur β= 0,150 P=0,021, (6) literasi digital terhadapmotivasibelajarmelaluimediasionlinelearningberpengaruhsignifikandengankoefisienjalur β= 0,099 P=0,027, dan (7) internet addiction terhadapmotivasibelajarmelaluimediasionlinelearningberpengaruhsignifikandengankoefisienjalur β= 0,040 P=0,024. Dari hasiltersebutdapatdiketahuibahwaliterasi digital daninternet addictionmemberikanpengaruhsebesar 0,511 (51,1%) terhadaponline learning, sertaliterasi digital, internet addiction, danonline learning memberikanpengaruhsebesar 0,501 (50,1%) terhadapmotivasibelajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorHendriyani, YekaUNSPECIFIED
CorrectorBudayawan, KhairiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LITERASI DIGITAL, ONLINE LEARNING, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:13
Last Modified: 22 Sep 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46852

Actions (login required)

View Item View Item