Ronaldo, Ronaldo (2023) Pengaruh Literasi Digital dan Internet Addiction terhadap Online Learning, dan Dampak Selanjutnya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Departemen Teknik Elektronika. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
B1_5_RONALDO_18076027_208_2023.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui: (1)pengaruhliterasi digital terhadaponline learning, (2) pengaruhinternet addiction terhadaponline learning, (3) pengaruhliterasi digital terhadapmotivasibelajar, (4) pengaruhinternet addiction terhadapmotivasibelajar, (5) pengaruhonline learning terhadapmotivasibelajar, (6) pengaruhtidaklangsungliterasi digital terhadapmotivasibelajarmelaluimediasionlinelearning, dan(7) pengaruhtidaklangsunginternet addiction terhadapmotivasibelajarmelaluimediasionlinelearning. PenelitianinitermasukpenelitiankuantitatifdenganConfirmatory Factor Analysis (CFA) yang dilakukanpadamahasiswadepartementeknikelektronikadenganStructural Equation Model (SEM).TeknikpengambilansampeldilakukandenganProportionate Stratified Random Samplingsebanyak 229 mahasiswa yang tersebarpadamahasiswatahunangkatan 2020 dan 2021 padaprodipendidikanTeknikElektronika, PendidikanTeknikInformatika, Informatika, danTeknikElektronika.Data diperolehmelaluikuesionermelaluiskalaLikert yang telah di ujivaliditasdanreliabilitasnya.Hasilanalisis data menunjukkanbahwa: (1) literasi digital berpengaruhsignifikanterhadaponlinelearningdengankoefisienjalurβ= 0,663 P=0,000, (2) internet addiction berpengaruhsignifikanterhadaponline learning dengankoefisienjalur β= 0,266 P=0,000, (3) literasi digital berpengaruhsignifikanterhadapmotivasibelajardengankoefisienjalur β= 0,349 P=0,000, (4) internet addiction berpengaruhsignifikanterhadapmotivasibelajardengankoefisienjalur β= 0,496 P=0,000, (5) online learning berpengaruhsignifikanterhadapmotivasibelajardengankoefisienjalur β= 0,150 P=0,021, (6) literasi digital terhadapmotivasibelajarmelaluimediasionlinelearningberpengaruhsignifikandengankoefisienjalur β= 0,099 P=0,027, dan (7) internet addiction terhadapmotivasibelajarmelaluimediasionlinelearningberpengaruhsignifikandengankoefisienjalur β= 0,040 P=0,024. Dari hasiltersebutdapatdiketahuibahwaliterasi digital daninternet addictionmemberikanpengaruhsebesar 0,511 (51,1%) terhadaponline learning, sertaliterasi digital, internet addiction, danonline learning memberikanpengaruhsebesar 0,501 (50,1%) terhadapmotivasibelajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | LITERASI DIGITAL, ONLINE LEARNING, MOTIVASI BELAJAR | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mutia Farida | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2023 03:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2023 03:13 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46852 |
Actions (login required)
View Item |