Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Bernuansa Emosional Spiritual Quotient tentang Materi Sistem Sirkulasi untuk SMA/MA

Triyanti, Oktavia (2023) Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Bernuansa Emosional Spiritual Quotient tentang Materi Sistem Sirkulasi untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Oktavia_Triyanti_18031184_3196_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tecapainya tujuan pendidikan untuk peserta didik membutuhkan peran guru sebagai mengarahkan dan menciptakan suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran dengan salah satunya yaitu media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran biologi berupa EModule bernuansa ESQ pada materi sistem sirkulasi untuk kelas XI SMA/MA merupakan uapaya dalam memaksimalkan pembelajaran biologi di sekolah. Media pembelajaran yang dikembangkan telah memadukan nilai spiritual dan emosional dalam bentuk ESQ. Materi sistem sirkulasi dipilih karena berdasarkan hasil observasi peserta didik, yang mana materi tersebut juga berkaitan erat dengan nilai-nilai kehidupan. Selain itu, nuansa ESQ diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya selain kecerdasan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk EModule bernuansa ESQ yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran, tetapi dilakukan hanya sampai tahap pengembangan, karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penelitian ini. Data yang didapatkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah empat orang validator yang berasal dari dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan dua orang guru biologi serta 28 peserta didik di SMA Adabiah Padang. Intrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara angket observasi serta angket validitas dan praktikalitas. Berdasarkan analisis pembahasan yang dilakukan makan diperoleh nilai rata-rata validitas materi E-Module 89,32% dengan kriteria sangat valid. Nilai rata-rata media 88,49% dengan kriteria sangat valid. Nilai rata-rata praktikalitas 93,5 % dengan kriteria sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa E-Module bernuansa ESQ yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:19
Last Modified: 21 Sep 2023 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46794

Actions (login required)

View Item View Item