Analisis Pembelajaran dengan Case Method pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan dalam Pembelajaran Geografi di MAN Lima Puluh Kota

Syahrandi, Andika (2023) Analisis Pembelajaran dengan Case Method pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan dalam Pembelajaran Geografi di MAN Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANDIKA_SYAHRANDI_19045002_3874_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Case Method pada materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa MAN Lima Puluh Kota dan mengetahui pengaruh penerapan Case Method pada materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa MAN Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen (Quasi Experiment Design) dengan rancangan penelitian berupa pretest posttest control group design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purpose sampling yang dapat diartikan sebagai teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 19 orang dan kelas X IPK sebagai kelas kontrol yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian berupa tes 18 butir soal objektif. Hasil analisis diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 76,31 dan kelas kontrol sebesar 56,48. Pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan pengetahuan atau N-Gain sebesar 0,56 berada pada kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh peningkatan pengetahuan atau N-Gain sebesar 0,16 berada pada kategori rendah. Hasil analisis kedua kelompok menggunakan Uji T pada taraf signifikansi ɑ = 0,05 dan diperoleh Thitung = 10,43 dan Ttabel = 1,68 sehingga Thitung > Ttabel, maka H0 diterima artinya ada pengaruh pembelajaran dengan Case Method pada materi dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dalam pembelajaran geografi di MAN Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
CorrectorNova, SariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DENGAN PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:00
Last Modified: 19 Sep 2023 09:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46752

Actions (login required)

View Item View Item