Analisis Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman

Febianto, Trio (2023) Analisis Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TRIO_FEBIANTO_18086222_3579_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Motivasi Belajar (Intrinsik dan Ekstrinsik) Siswa Terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas VII di SMP Negri 1 Sintuk Toboh Gadang Padang Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan analisis statistik.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang berjumlah 211 orang siswa, yang terdiri dari 108 orang siswa laki-laki dan 103 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling) yang berjumlah 49 orang. Instrumen penelitian berupa pengaruh motivasi instrinsik berupa perhatian, minat, bakat dan kesehatan serta motivasi ekstrinsik terdiri dari metode mengajar, alat pelajaran dan kondisi lingkungan. Beberapa indikator tersebut akan dilakukan analisa data menggunakan kriteria konversi atau perbandingan klasifikasi tingkat capaian dalam hasil belajar penjasorkes. Hasil pengujian hipotesis menunjukan : untuk motivasi siswa dalam proses pembelajaran penjasorkes di SMP Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman termasuk dalam kategori baik. Motivasi siswa secara keseluruhan dari motivasi instrinsik dan ekstrinsik sebesar 75,12 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirdaus, KamalUNSPECIFIED
CorrectorSyahrastani, SyahrastaniUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:51
Last Modified: 15 Sep 2023 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46658

Actions (login required)

View Item View Item