Pengaruh Metode pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Dasar Bola Voli Mini di Sekolah Dasar Negeri 09 Lanai Sinuangon Kabupaten Pasaman.

Sania, Aes (2023) Pengaruh Metode pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Dasar Bola Voli Mini di Sekolah Dasar Negeri 09 Lanai Sinuangon Kabupaten Pasaman. Masters thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
B.1_06_AES_SANIA_21199003_2205_2023 (8 mar).pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dilapangan terlihat bahwa masih rendahnya keterampilan dasar bola voli mini peserta ekstrakurikuler SDN 09 Lanai Sunuangon Kabupaten Pasaman. Hal ini diduga metode pembelajaran yang digunakan guru masih kurang efektif dan juga kurang diperhatikannya motivasi belajar peserta ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain, metode pembelajaran demonstrasi dan motivasi belajar terhadap keterampilan dasar bola voli mini.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler SDN 09 Lanai Sinuangon Kabupaten Pasaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Instrumen yan digunakan dalam penelitian ini adalah tes motivasi belajar dan tes keterampilan dasar bola voli mini. Data dianalis menggunakan analisis varians (ANOVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruahan keterampilan dasar bola voli mini kelompok peserta ekstrakurikuler SDN 09 Lanai Sinuangon Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. yang di ajar melalui metode bermain hasilnya lebih baik dari pada kelompok peserta ekstrakurikuler yang di ajar melalui metode demonstrasi (Fhitung = 2.88 > Ftabel = 2,87). (2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap keterampilan dasar bola voli mini peserta ekstrakurikuler SDN 09 Lanai Sinuangon Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman (Fhitung = 19,8 > Ftabel = 2,87). (3) Pada kelompok peserta ekstrakurikuler yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar melalui metode bermain hasilnya lebih baik dari pada kelompok peserta ekstrakurikuler yang diajar melalui metode demonstrasi (Qh= 4.59 > Q = 2,95). (4) Pada kelompok peserta ekstrakurikuler yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar melalui metode bermain hasilnya lebih rendah dari pada kelompok peserta ekstrakurikuler yang diajar melalui metode demonstrasi (Qn = 1,67 < Qt = 3,15).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafruddin, SyafruddinUNSPECIFIED
CorrectorArgantos, ArgantosUNSPECIFIED
CorrectorRifki, Muhammad SazeliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Keterampilan Dasar Bola Voli Mini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Sep 2023 07:09
Last Modified: 14 Sep 2023 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46629

Actions (login required)

View Item View Item