Efektivitas Media Pembelajaran Power-Point Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 2 Kota Padang

Nurfalah, Hana (2023) Efektivitas Media Pembelajaran Power-Point Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_HANA_NURFALAH_19035019_4128_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Materi hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh peserta didik. Pada penelitian ini telah tersedia media pembelajaran power-point interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam yang telah diuji validitas dan praktikalitasnya dengan kategori sangat tinggi, namun belum dilakukan uji efektivitas produk terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian yaitu menganalisis efektivitas penggunaan media pembelajaran power-point interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 2 Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Kota Padang yang terdiri dari 9 kelas pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga kelas sampel ditentukan oleh guru maka didapatkan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda terdiri dari 20 butir soal dan 5 pilihan jawaban yang valid, reliabel dan daya pembeda soal serta indeks kesukaran dengan kriteria baik. Tingkat efektivitas media power-point interaktif dianalisis dari nilai uji N-Gain. Dari hasil penelitian diperoleh data terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Untuk uji hipotesis yang digunakan pada data yang terdistribusi normal dan homogen menggunakan independent sample t-test. Untuk perolehan nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kategori sedang dan uji hipotesis yang didapatkan sig(2-tailed) kurang dari 0,05. Analisa data tersebut menyimpulkan hipotesis diterima sehingga media pembelajaran power-point interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, SyamsiUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:53
Last Modified: 14 Sep 2023 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46617

Actions (login required)

View Item View Item