Pengembangan Media Interaktif Magic Coloring Book Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Pengenalan Sekitar Rumah Untuk Anak Usia Dini.

Saltriadi, Kristiyo Septiawan (2023) Pengembangan Media Interaktif Magic Coloring Book Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Pengenalan Sekitar Rumah Untuk Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_KRISTIYO_SEPTIAWAN_SALTRIADI_17076040_268_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Era digitalisasi perlu adanya pengembangan media interaktif yang dapat memberikan solusi belajar sambil bermain bagi anak. Tujuan tugas akhir ini dapat memberikan solusi untuk media yang dapat dijadikan sebagai bahan dan media pembelajaran bagi anak usia dini dan media ajar bagi guru PAUD. Media yang dikembangkan yaitunya aplikasi android dengan teknologi Augmented Reality yang memberikan kesan interaktif bagi anak dan media buku berupa buku mewarnai yang sudah dirancang sesuai tema kurikulum disekolah lembaga PAUD. Penggunaan pembelajaran dengan menggunakan media ini nantinya orang tua maupun guru membimbing anak usia dini dalam mewarnai gambar sesuai contoh gambar yang sudah ada, dan hasil mewarnai ini nantinya akan di pindai oleh aplikasi android dengan teknologi Augmented Reality untuk menampilkan animasi objek 3d selain itu juga terdapat fitur mewarnai gambar secara bebas pada aplikasi android namun dalam bimbingan orang tua atau guru yang biasa kita sebut digital parenting. Metode yang digunakan pada pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall Model yang digunakan untuk pengembangan media secara runtut dari tahap analisis, desain, implementasi dan verifikasi. Hasil pengembangan dan verifikasi yang sudah diterapkan menunjukan bahwasanya media ini layak digunakan disekolah dan lembaga PAUD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHuda, YasdinulUNSPECIFIED
CorrectorNovaliendry, DonyUNSPECIFIED
CorrectorMarta, RizkayeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANAK USIA DINI, DIGITAL PARENTING, MEDIA INTERAKTIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:19
Last Modified: 07 Sep 2023 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46484

Actions (login required)

View Item View Item