Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK 5 Padang.

Insan, Khairul (2023) Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_3_KHAIRUL_ INSAN_ 18063022_1694_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik dan kompetensi kerpibadian adalah salah satu hal penting bagi guru untuk melaksanakan kegiatan mengajar dikelas guna meningkatkan hasil belajar, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui seberapa besar kontribusi kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar praktik siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis corelationa, dimana penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya dan seberapa besar ditemukannya hubungan antara dua variabel atau lebih secara kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK N 5 Padang pada tahun ajaran 2022/2023. Dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa, teknik pengambilan sampel dengan cara Propotionate Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, penskoran instrumen angket dengan skala linkert lalu angket divalidasi oleh ahli validator dan dengan pengujian validitas menggunakan product moment. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu, menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang berarti antara kompetensi pedagogik dan hasil belajar praktik sebesar (24%), masuk dalam kategori sedang. Kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar praktik sebesar (20,5%) masuk dalam kategori sedang, selanjutnya korelasi kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar praktik sebesar (68,7%) masuk dalam kategori sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan kepribadian guru terhadap hasil belajar praktik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuhendri, MuldiUNSPECIFIED
CorrectorAswardi, AswardiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, CitraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEDAGOGIK, KOMPETENSI KEPRIBADIAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:05
Last Modified: 07 Sep 2023 05:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46482

Actions (login required)

View Item View Item