Kontribusi Kompentensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK N 5 Padang.

Anjansani, Fegie (2023) Kontribusi Kompentensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK N 5 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_FEGIE_ANJANSANI_18063039_2669_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK N 5 Padang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kompentensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa dan seberapa besar kontribusi kompentensi professional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL di SMK N 5 Padang tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportion nate stratified random sampling dengan jumlah 38 siswa. Untuk data kompetensi profesional guru diperoleh dari penyebaran angket penelitian kepada siswa. Sedangkan data hasil belajar siswa mata pelajaran Instalasi Motor Listrik diperoleh menggunakan penilaian kinerja siswa dengan rubrik penilaian. Dalam menentukan kevalitan angket digunakan rumus correlation product moment dengan taraf signifikansi 5%, ditemukan item yang tidak valid sebanyak 9 item dan dilakukan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dengan membandingkan data hasil Cronbach’s Alpha dengan 0,60. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi Profesional guru dan hasil belajar siswa. Selanjutnya besarnya kontribusi kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai sebesar 36,12% dan selebihnya dipengaruhi faktor lainnya diluar kajian pada penelitian yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuskhir, MukhlidiUNSPECIFIED
CorrectorAswardi, AswardiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, CitraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI PROFESIONAL, HASIL BELAJAR, MOTOR LISTRIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:52
Last Modified: 04 Sep 2023 04:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46366

Actions (login required)

View Item View Item