Pengaruh Model SOLE (Self Organized Learning Environment) dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir

Aldiyah, Maiza Putri (2023) Pengaruh Model SOLE (Self Organized Learning Environment) dan Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir. Masters thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_02_MAIZA_PUTRI_ALDIYAH_21174010_793_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu menjelaskan interaksi antara model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) dengan minat baca dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasy experiment). Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas, yaitu kelas X.E3 sebagai kelas eksperimen dan X.E3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample Berdasarkan teori dan hasil penelitian yang merujuk pada rumusan masalah penelitian ini, maka kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa yang diajar dengan model SOLE (Self Organized Learning Environment) dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks laporan hasil observasi berminat baca tinggi diajar dengan menggunakan model SOLE (Self Organized Learning Environment) dan hasil belajar keterampilan menulis teks laporan hasil observasi berminat baca tinggi diajar dengan model konvensional. Ketiga, tidak terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks laporan hasil observasi berminat baca rendah diajar dengan menggunakan model SOLE (Self Organized Learning Environment) dan hasil belajar keterampilan menulis teks laporan hasil observasi berminat baca rendah diajar dengan model konvensional. Keempat, tidak terdapat interaksi antara model SOLE (Self Organized Learning Environment), minat baca terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahru R, Syahru RUNSPECIFIED
CorrectorThahar, Harris EffendiUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Self Organized Learning Environment, model konvensional, minat baca, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:23
Last Modified: 30 Aug 2023 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46207

Actions (login required)

View Item View Item