Pengembangan Bahan Ajar Berupa Handout Sejarah pada Materi Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Penjajahan Bangsa Eropa Untuk SMA Kelas XI

Hasbi, Syaiful (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berupa Handout Sejarah pada Materi Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Penjajahan Bangsa Eropa Untuk SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_SYAIFUL_HASBI_15046071_6409_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan tahapan pengembangan handout mata pelajaran sejarah Indonesia. (2) Mendeskripsikan kelayakan (kevalidan) handout mata pelajaran sejarah Indonesia.Pembelajaran sejarah saat ini menuntut peserta didik untuk memiliki sumber bacaan yang materinya lengkap dan mudah dipahami. Mengacu pada tuntutan ini sangat berbeda bila dilihat pada kondisi nyata di lapangan. Berdasarkan observasi awal peneliti di lapangan, belum semunya guru menjadikan handout sebagai bahan ajar untuk peserta didik, masih terdapat beberapa peserta didik yang menggunakan buku paket dan LKS sebagai sumber bacaanya. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian research and development (R&D). Model yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. N amun dalam penelitian ini hanya analisis, perancangan dan pengembangan (ADD) saja yang diterapkan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi berupa skala likert, Hasil penelitian ini yaitu (1) Pembuatan produk diawali dengan analisis kebutuhan dari sisi peserta didik, guru dan kurikulum, (2) Penyusunan materi berawal dari kegiatan elaborasi berbagai sumber yang mengedepankan fakta, konsep dan prinsip untuk menyusun materi mengenai Perlawanan Banten (3) Skor rerata hasil validasi materi mendapat skor 3 .40 dengan tingkat kelayakan sangat layak, (4) Skor validasi ahli bahan ajar (handout)adalah 2,68 (cukup layak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZafri, ZafriUNSPECIFIED
CorrectorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:43
Last Modified: 29 Aug 2023 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46091

Actions (login required)

View Item View Item