Hubungan Fasilitas Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang.

Dewi, Mega Silvia (2023) Hubungan Fasilitas Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_1_MEGA_SILVIA_DEWI_18075018_1378_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fasilitas yang ada belum semuanya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Permendiknas No. 40 tahun 2008, seperti masih kurangnya toilet di sekolah tersebut yang hanya ada satu dan berada jauh dari ruang belajar siswa, tempat praktek partiseri yang belum sesuai dengan ukuran standar yang telah ditetapkan, tidak adanya kursi guru di beberapa kelas, masih adanya beberapa kursi yang sedikit rusak digunakan oleh siswa, peralatan praktek sudah lengkap tetapi belum mencukupi digunakan untuk seluruh siswa, serta masih ada beberapa meja guru yang sedikit rusak masih digunakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan fasilitas sekolah di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang, (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan Penyajian Makanan Kontinental di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang, (3) Menganalisis hubungan fasilitas sekolah dengan hasil belajar siswa di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yaitu sebanyak 78 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah 78 siswa dengan teknik Qouta Sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua yaitu dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data jumlah siswa serta data nilai siswa kelas XII di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang. Sedangkan kuisioner/angket berisi daftar pernyataan atau item-item pernyataan yang berkaitan dengan fasilitas sekolah di SMK N 1 Sintuk Toboh Gadang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa fasilitas sekolah berada pada kategori baik yaitu sebesar 81,34% dan hasil belajar siswa berada pada kategori rendah yaitu sebesar 69,96, karena masih berada dibawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu sebesar 75. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan menggunakan analisis korelasi product moment diketahui bahwa koefisien korelasi antara fasilitas sekolah (X) dengan hasil belajar siswa (Y) adalah sebesar 0,205, jika diinterpretasikan ke dalam nilai r maka, koefisien korelasi terinterpretasi rendah. Adanya hubungan antara fasilitas sekolah dengan hasil belajar siswa dibuktikan dengan koefisien korelasi yang bernilai positif. Diperoleh nilai korelasi t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1,826 > 1,664 pada taraf signifikansi 5% dengan df 78. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara fasilitas sekolah dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSiregar, JulianaUNSPECIFIED
CorrectorYulastri, AsmarUNSPECIFIED
CorrectorIndrayeni, WiwikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FASILITAS SEKOLAH, HASIL BELAJAR, SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:24
Last Modified: 15 Aug 2023 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45875

Actions (login required)

View Item View Item