Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Gadget dengan Sikap Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang

Febria, Lisya (2023) Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Gadget dengan Sikap Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tata Hidang di SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_1_LISYA_FEBRIA_18075072_3750_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh timbulnya dampak positif dan negative dalam penggunaan media belajar gadget, selain dampak positif, penggunaan media pembelajaran gadget ini berdampak negatif yaitu membuat siswa lebih bersikap individual daripada bersosialisasi , padahal yang diharapkan dengan menggunakan gadget ini siswa lebih banyak mendapatkan pengetahuan bisa saling bertukar informasi dengan teman untuk menciptakan sikap belajar yang menyenangkanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan media belajar gadget dengan sikap belajar siswa kelas XI Kuliner pada mata pelajaran tata hidang di SMK N 6 Padang, manfaat penelitian ini menganalisis apakah terdapat hubungan penggunaan media belajar gadget dengan sikap belajar siswa kelas XI kuliner pada mata pelajaran Tata Hidang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kuliner di SMK N 6 Padang sebanyak 102 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 51 siswa kelas XI Kuliner pada mata pelajaran tata hidang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket. Teknik analisis data penelitian ini adalah juji validitas, reliabilitas, deskriptif data, iji normalitas, uji korelasi dan uji T. Data di input dengan menggunakan Microsoft Ecel 2010 dan di analisis dengan menggunakan bantuan program SPPSS versi 21. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian adalah dari rata-rata skor variabel, variabel penggunaan media pembelajaran gadget memperoleh tingkat capaian responden (TCR) sebesar 3,66 dengan kategori tinggi. Dari rata-rata skor variabel sikap belajar siswa memperoleh tingkat capaian responden (TCR) sebesar 4,08 dengan kategori tinggi. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel penggunaan media pembelajaran gadget dengan sikap belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Tata Hidang di SMK N 6 Padang yang mana tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut berada pada kategori cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYelfi, RenoUNSPECIFIED
CorrectorElida, ElidaUNSPECIFIED
CorrectorIndrayeni, WiwikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, GADGET, TATA HIDANG
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:24
Last Modified: 08 Aug 2023 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45781

Actions (login required)

View Item View Item