Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 7 Padang

Fejerina, Atika (2022) Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ATIKA_FEJERINA_18045043_4610_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan sistem zonasi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Mengetahui tingkat hasil belajar siswa kelas XI JPS SMA Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terkena dampak penerapan sistem zonasi(3) Mengetahui ada atau tidak pengaruh dari penerapan sistem zonasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif (mixmethod), subjek penelitian ini ada siswa kelas XII PS SMA Negeri 7 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu offline dengan menggunakan angket kertas,dibagikan lansung kepada siswa,serta melalui wawancara dengan panitia pelaksanaan PPDB online. Teknik sampling menggunakan random sampling, dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem zonasi yang menjadi sampel penelitian mayoritas dalam kategori cukup kuat (28%). 2) tingkat hasil belajar peserta didik kelas XI JPS SMA Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam kategori Lemah (38%).3) ada pengaruh yang signifikan penerapan sistem zonasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana diperoleha =60,164danb=0,398,jadi Y=60,164+0,398X.maka dapat disimpul kan bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y.Jika nilai Sig.lebih kecil dari a =0,0 5 maka dapat dikatakan signifikan. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Sig.= 0,009 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan.Pengaruh variabel sistem zonasi bisa menjelaskan variabel hasil belajar sebesar 11,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:58
Last Modified: 08 Aug 2023 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45759

Actions (login required)

View Item View Item