Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Negeri 6 Padang.

Hazizi, Laila Ukhtia (2023) Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kuliner di SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_1_LAILA_UKHTIA_HAZIZI_ 18075158_613_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang adanya pengawasan saat anaknya belajar dan beberapa orang tua hanya mempercayakan sekolah tanpa memberikan motivasi dan kesibukan orang tua yang selalu mementingkan urusan pekerjaannya, dan juga beberapa anak yang kurang mendapatkan fasilitas atau kebutuhan belajar dari orang tuanya selama proses pembelajaran. Dalam proses kegiatan pembelajaran masih terdapat siswa yang pasif, tingkat kemampuan yang rendah dapat mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar, dan kurangnya perhatian dan bimbingan orang tua berpengaruh dalam proses belajar dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X dan status sosial ekonomi orang tua siswa kelas X serta untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner di SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, deskriptif data, uji normalitas, uji korelasi dan uji t. Hasil penelitian ini adalah tingkat capaian responden untuk variabel status sosial ekonomi orang tua (X) dari 27 pernyataan yang diajukan di peroleh rata-rata skor variabel sebesar 2.18 dengan kategori rendah dan tingkat capaian responden untuk variabel hasil belajar siswa kelas X (Y) dari 20 pernyataan yang diajukan di peroleh rata-rata skor variabel sebesar 3.66 dengan kategori tinggi. Serta terdapat hubungan yang signifikan antara variabel status sosial ekonomi orang tua dengan variabel hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner di SMK Negeri 6 Padang dengan tingkat hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner di SMK Negeri 6 Padang adalah rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarif, WirnelisUNSPECIFIED
CorrectorAndriani, CiciUNSPECIFIED
CorrectorZulfikar, DikkiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SOSIAL EKONOMI, HASIL BELAJAR, STATUS SOSIAL
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:06
Last Modified: 07 Aug 2023 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45730

Actions (login required)

View Item View Item