Simanjuntak, Gaby Romauli (2023) Pengaruh Variasi Menu Breakfast terhadap Kepuasan Tamu di Grand Basko Hotel Padang. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.
|
Text
B1_4_GABY_ROMAULI_SIMANJUTAK_19135018_3660_2023.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap kepuasan tamu terkait variasi menu breakfast yang dihidangkan, cita rasa menu breakfast, ukuran porsi makanan dan minuman, kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali dan ketersediaan merekomendasikan Grand Basko Hotel Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi menu breakfast, mendeskripsikan kepuasan tamu dan menganalisis pengaruh variasi menu breakfast terhadap kepuasan tamu di Grand Basko Hotel Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang berkunjung ke Grand Basko Hotel Padang sebanyak 915 orang dengan sampel 91 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuisioner kepada tamu yang breakfast di Grand Basko Hotel Padang. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas. Tahap pengolahan data dilakukan kegiatan seperti merancang struktur data, pengkodean, editing dan pengentrian data. Uji persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, linearitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah rata-rata responden pada indikator jenis makanan ialah sebesar 3,41 dengan kriteria baik, indikator jenis minuman 3,09 dengan kriteria cukup, indikator rasa makanan 3,61 dengan kriteria baik, indikator rasa minuman 3,37 dengan kriteria cukup, indikator ukuran porsi makanan 3,57 dengan kriteria baik dan indikator ukuran porsi minuman 3,54 dengan kriteria baik. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata responden pada variabel variasi menu breakfast adalah 3,43 dengan kriteria baik.. Rata-rata pada indikator kesesuaian harapan adalah sebesar 3,43 dengan kriteria baik, indikator minat berkunjung kembali 3,41 dengan kriteria baik dan indikator kesediaan merekomendasikan 3,28 dengan kriteria cukup. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata responden pada variabel kepuasan tamu adalah 3,37 dengan kriteria cukup. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai F hitung 120.844 dengan Sig 0,000 < 0.05 maka regresi dapat dipakai. Artinya variasi menu breakfast berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Hasil persamaan koefisien regresi 0.953 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar satuan variasi menu breakfast akan meningkatkan 0.953 satuan kepuasan tamu. Nilai R square sebesar 0,571, artinya variabel variasi menu breakfast berpengaruh sebesar 57,1% terhadap kepuasan tamu di Grand Basko Hotel Padang dan 42,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | VARIASI MENU, BREAKFAST, KEPUASAN TAMU | ||||||||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure H Social Sciences > HZ Management R Medicine and Food > Food General |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4 | ||||||||||||
Depositing User: | Mutia Farida | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:52 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45656 |
Actions (login required)
View Item |