Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Sitiung Dharmasraya

Viola, Firdha Okta (2023) Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Sitiung Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FIRDHA_OKTA_VIOLA_19129220_4410_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu yang berbasis teknologi di sekolah. Media pembelajaran yang digunakan guru cenderung media gambar terbuat dari kertas dan gambar pajangan di ruang kelas. Salah satu media berbasis teknologi adalah Articulate Storyline 3 yang didesain semanarik mungkin dengan dilengkapi audio, gambar, video, games dan kuis yang bertujuan agar peserta didik termotivasi dan terlibat aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development, implementation and evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri lembar validasi materi, validasi media, dan validasi bahasa. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 20 orang peserta didik di kelas V SDN 04 Sitiung dan subjek penyebaran media interaktif ini terdiri dari 22 orang peserta didik di kelas V SDN 20 Sitiung. Hasil penelitian pengembangan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis model PBL yang dikembangkan telah divalidasi dinyatakan sangat valid dengan rata-rata penilaian validator 92,6%. Berdasarkan hasil angket respon guru dan peserta didik di SDN 04 Sitiung dapat diketahui bahwa media interaktif sangat praktis dengan hasil persentase kepraktisan 95,83%, dan 93,12%. Selanjutnya hasil angket respon guru dan peserta didik di SDN 20 Sitiung menunjukkan hasil persentase kepraktisan 93,75% dan 94,50% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaldi, AtriUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:11
Last Modified: 18 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/45074

Actions (login required)

View Item View Item